Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Contoh Tari Kelompok

Tarian kelompok adalah tarian simultan yang dikoreografikan dan dirancang untuk ditampilkan dalam kelompok yang umumnya terdiri dari tiga orang atau lebih. Tarian kelompok koreografi adalah jenis tarian rakyat yang umum di banyak daerah dan budaya. Jenis tarian ini biasanya ditampilkan di pesta, tarian sekolah, dan acara kelompok lainnya.

Pengertian Tari Kelompok

Tari kelompok adalah bentuk tarian yang ditarikan secara kelompok atau berpasang-pasangan dan tidak menutup kemungkinan bisa berbentuk drama tari/sendratari. Jenis tariannya dapat berupa tari tunggal atau tari berpasangan yang ditarikan secara berkelompok. Adapun gerakannya terdiri atas gerak semua anggota tubuh dan kaki, badan, lengan, sampai kepala.

Pengertian dan Contoh Tari Kelompok

Oleh karena ditarikan dengan cara berkelompok maka peragaan geraknya haruslah kompak, bersamaan, serta saling mengisi dan melengkapi sehingga dibutuhkan kerja sama, kebersamaan, dan tanggung jawab dari semua penari yang terlibat. Tari ini dibagi menjadi dua, yakni tari kelompok putri dan tari kelompok pura gagah.

Contoh Tari Kelompok

Berikut ini contoh tari kelompok.

1. Tari Klasik Rampak Srigati Dari Jawa Barat

Tarian ini dibawakan oleh sekelompok pemudi yang mengenakan sanggul, ikat pinggang, dan kain kebaya dengan warna yang cerah.

Tarian ini dibawakan oleh sekelompok pemudi yang mengenakan sanggul, ikat pinggang, dan kain kebaya dengan warna yang cerah.

2. Tari Klasik Jaipong Rampak Senggot

Tarian ini dibawakan oleh sekelompok pemudi dengan iringan musik gamelan Sunda. Busana yang digunakan tidak jauh berbeda dengan tari klasik rampak srigati.

asda


Tari klasik Jaipong rampak senggot

3. Tari Kreasi Merak

Tari jenis ini banyak dipentaskan pada upacara adat gelar Pasundan. Tarian ini biasanya dibawakan oleh empat orang gadis cantik yang mengenakan busana seperti burung merak, yaitu hiasan kepala menyerupai kepala merak, hiasan dada dibuat menyerupai bulu merak dan mengenakan kain tipis berpola ekor merak yang ujung-ujung kainnya berada di antara jari sehingga jika si penari menggerakkan kedua tangannya ke atas  ke bawah maka tampak seolah-olah burung merak sedang berjalan melenggak-Ienggok dengan indahnya.

Tari Kreasi Merak

4. Tari Bedhaya Anglir Mendhung dari Yogyakarta

Tarian ini dibawakan oleh sekelompok wanita yang pada umumnya adalah kerabat keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tarian ini dibawakan dengan diiringi gamelan Jawa yang halus, lembut, dan tidak menghentak-hentak seperti gamelan Bali, sehingga gerak tarinya pun begitu lambat, halus, lembut, dan amat anggun.

Tari Bedhaya Anglir Mendhung

5. Tari Bedhaya Kaduk Manis Dari Yogyakarta

Tari Bedhaya Kaduk Manis Dari Yogyakarta

6. Tari Dari Surakarta

Tarian ini dibawakan oleh sekelompok wanita yang menggunakan busana pengantin Solo.

Tari Dari Surakarta

7. Tari Serimpi Dari Jawa Tengah

Tari Serimpi Dari Jawa Tengah

8. Tari Arjuna dan Srikandi Dari Jawa Tengah

Tari Arjuna dan Srikandi Dari Jawa Tengah

Tari ini menceritakan kisah kasih antara Raden Arjuna dan Dewi Srikandi. Busana yang digunakan adalah busana ksatria lengkap dengan penutup kepala yang sering kita temukan pada wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek. Juga dilengkapi dengan seperangkat busur dan panah yang dibawa oleh si penari pria.  Selain itu, para penari pun mengenakan seperangkat perhiasan seperti gelang, elang lengan, kalung cincin anting dan gelang kaki.

Tak lupa sebilah keris yang diselipkan di balik pinggang penari pria. Sementara itu, penari wanitanya umumnya berambut panjang. Hal ini memberi kesan Dewi Srikandi adalah seorang dewi yang cantik dan anggun.

Post a Comment for "Pengertian dan Contoh Tari Kelompok"