Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dasar Ilmu Manajemen Untuk Pemula

Pengertian Dasar Ilmu Manajemen Untuk Pemula

Manajemen merupakan kata yang menjadi sebuah prinsip dalam pengembangan usaha maupun organisasi. Secara pengertian, Manajemen adalah proses yang terdiri dari tindakan pengelolaan dari sumber daya yang di miliki dalam usaha mencapai target tujuan yang telah ditetapkan. Kemampuan Manajemen menjadi sebuah kebutuhan dalam kepemimpinan  usaha maupun organisasi.

Dikarenakan setiap organisasi maupun perusahaan mempunya sumberdaya yang beraneka ragam, itulah sebabnya kemampuan manajemen menjadi penting karena dengan manajemen maka proses pencapaian tujuan akan menjadi lebih mudah

Dalam kaitannya mencapai sasaran atau tujuan maka terdapat empat fungsi pokok Manajemen adalah:

  1. Planning
  2. Organising
  3. Actuating
  4. Controlling

Planning, Bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam perencanaan atau planning. Perencanaan atau planning adalah merumuskan yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki.

Dalam sebuah perencanaan tujuan dan sasaran perusahaan akan di tentukan dalam bentuk sebuah perumusan utama, kemudian dari perumusan utama tersebut diturunkan menjadi perumusan setiap bagian di suatu Perusahaan atau Organisasi, di setiap bagian nantinya akan di jumpai perumusan yang lebih spesifik dan lebih detail dari target masing-masing bagian.

Sehingga dalam manajemen perencanaan ini merupakan proses terpenting adalah menjaga sebuah perencanaan di setiap bagian berkesinambungan dengan bagian yang lain.

Organizing, atau di sebut dengan pembagian. Disini dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan yang besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil dan lebih spesifik.

Dalam di pengorganisasian ini manajer akan melakukan pembagian terhadap sumberdaya perusahaan yang dimiliki, antara lain: Tenaga kerja, infrastruktur dan modal.

Dengan organizing yang baik, maka akan terciptanya sinkronisasi hubungan kerja antar bagian. Sehingga target-target yang sudah di tentukan dapat di capai dengan mudah

Actuating, atau pengarahan. Manajemen akan melakukan pengarahan dengan memastikan setiap bagian berusaha untuk mencapai target sesuai dengan perencanaan dan pembagian yang sudah di lakukan.

Manajamen akan melihat proses delegasi dan pemantauan di dalam actuating ini, yang perlu dilakukan oleh manajer dalam pengarahan ini adalah membuat bawahan menjadi mampu dan mau bekerja mencapai sasarannya. Pelatihan dan training akan membantu bawahan dapat meningkatkan kemampuan.

Controlling, proses pengendalian atau controlling adalah suatu tindakan untuk memastikan aktivitas yang sedang berjalan sesuai dengan perencanaan, perencanaan yang sangat detail dan terukur akan menghasilkan proses controlling yang lebih mudah. untuk itu yang perlu dilakukan pada saat membuat perencanaan adalah membuat ukuran standar. dengan ukuran standar dari target yang di hasilkan akan di ketahui perbandingan terhadap realisasi hasil output yang dicapai. Apabila kesemuanya sudah ada standarnya maka perusahaan akan bisa selalu mengoreksi dan melakukan evaluasi terhadap proses atau output yang sudah dicapai.

Post a Comment for "Pengertian Dasar Ilmu Manajemen Untuk Pemula"

Berlangganan via Email