Skip to main content

6 Unsur Komunikasi Efektif Yang Perlu Diketahui

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur komunikasi efektif, dimana komunikasi merupakan hal yang begitu penting dalam kehidupan manusia.

Tanpa komunikasi manusia tidak akan dapat berinteraksi dengan manusia lainnya dalam aktivitas sehari-hari sehingga akan kesulitan dalam bertahan hidup. Dalam berkomunikasi tidak harus dalam bentuk berbicara kepada orang lain secara langsung namun banyak cara berkomunikasi yang selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

6 Unsur Komunikasi Efektif Yang Perlu Diketahui

Dengan adanya unsur-unsur dasar dalam berkomunikasi terkadang kita tidak menyadari bahwa kita telah melakukan komunikasi dengan orang lain. Apa sajakah unsur-unsur tersebut? Berikut penjelasannya dibawah ini.

Unsur-Unsur Komunikasi Efektif

1. Pesan

Dalam berkomunikasi, tentu kita membahas suatu hal yang mengandung tujuan atau pesan tertentu. Meskipun hanyalah suatu gurauan umpamanya, hal tersebut sudah mencakup pesan dalam komunikasi dengan orang lain dengan tujuan sebagai gurauan/hiburan. Pesan tersebut diterima oleh lawan bicara dan mengerti pesan tersebut berisi sebuah gurauan.

2. Komunikator

Komunikator merupakan orang yang memberikan pesan kepada lawan bicara, baik secara verbal maupun nonverbal. Komunikator tidak hanya berperan sebagai pemberi pesan namun ada saatnya menjadi penerima pesan atau feedback dari Komunikan yang mengajukan respon kepada komunikator.

3. Media

Media merupakan alat atau sarana yang digunakan dalam berkomunikasi. Media juga menjadi pengolah dan penyalur pesan dari komunikator kepada komunikan. Media komunikasi menggunakan alat indra manusia, adapun jika terdapat jarak yang cukup jauh komunikator menggunakan alat seperti televisi, internet, majalah, dsb.

4. Komunikan

Komunikan adalah penerima pasan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator. Menjadi komunikan yang baik itu perlu, supaya pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat diterima dengan sempurna sehingga komunikan dapat memberikan timbal balik yang sesuai dengan ide pokok pesan tersebut.

5. Efek

Efek dapat diartikan sebagai pengaruh pada komunikan yang timbul dalam komunikasi.

Pengaruh tersebut dapat berupa persamaan atau bahkan perbedaan persepsi antara komunikan dan komunikator.

6. Feedback (Timbal Balik)

Dalam berkomunikasi, selain menerima pasan komunikan juga akan memberikan tanggapan atas pesan yang disampaaikan oleh komunikator. Komunikan juga dapat memberikan pesan atau informasi lain yang bertentangan dengan pesan dari komunikator sebagai feedback negatif.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->