Skip to main content

5 Soal Essay Tentang Internet Beserta Jawabannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 5 soal essay tentang internet beserta jawabannya. Soal essay tentang internet ini mungkin terlihat sedikit, namun jawabannya cukup panjang dan lengkap. Kecuali jika kamu merangkumnya dan mengambil inti dari pembahasannya saja.

Oke langsung saja berikut ada 5 soal essay tentang internet beserta jawabannya.

5 Soal Essay Tentang Internet Beserta Jawabannya

1. Sebutkan dan jelaskan teknologi koneksi internet !

2. Jelaskan cara untuk terhubung dengan internet !

3. Sebutkan nama domain dan peruntukannya !

4. Jelaskan perbedaan IRC dengan telnet !

5. Apakah yang di maksud Website ?


JAWAB:

1. Teknologi Koneksi Internet antara lain:

  • Hotspot adalah area di mana internet dapat diakses dengan perangkat yang telah berteknologi Wi-Fi, seperti laptop (notebook) dan PDA. Dengan demikian akses internet nirkabel dapat dinikmati. Disebut nirkabel karena koneksi antara penyedia jasa internet dan pemakainya tidak tersambung dengan kabel melainkan melalui gelombang radio
  • GPRS atau general packet radio services adalah sistem koneksi internet yang menggunakan perangkat GSM, dengan GPRS panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data
  • WAP (Wireless Application Protocol) merupakan spesifikasi global dan terbuka yang mampu memberdayakan pengguna piranti mobile untuk dapat dengan mudah mengakses dan berinteraksi dengan informasi dan layanan secara instan

 

2. Menghubungkan komputer ke internet dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain :

a. Melalui Jaringan

b. Melalui saluran Telepon Langsung (Dial UP)

c. Menggunakan jaringan GPRS (General Packet Radio Service)

d. Melalui WiFi (Wireless Fidelity)

e. Menggunakan Wireless Broadband

 

3. Nama Domain :

com, co : Komersial (www.microsoft.com, http://www.rcti.co.id)

edu , ac : Pendidikan (www.ucla.edu,www.gunadarma.ac.id)

gov , go : Pemerintahan (www.fbi.gov, http://www.bppt.go.id)

net : gateway , ISP (www.ibm.net, http://www.indosat.net.id)

mil : militer (www.af.mil, http://www.abri.mil.id)

org, or : organisasi (www.scout.org, http://www.asean.or.id)

 

Beberapa nama domain negara :

au : Australia ca : Canada

id : Indonesia my : Malaysia

sg : Singapura

 

4. IRC (Internet Relay Chat)

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter.

Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC. Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas.

MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).

Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference). Sedangkan

TELNET

Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk loginke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum,termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet.

Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia.Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yangdisediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.

Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), ataudapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuahperpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.

TELNET menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server(telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang.di jalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.

5. Pengertian Website yaitu Tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan dikemas. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->