Skip to main content

Manfaat Belajar Sastra, Apa Saja?

Manfaat Belajar Sastra, Apa Saja?

Perlukah mempelajari sastra? Tentu perlu, sama halnya seperti kamu mempelajari ilmu-ilmu yang lainnya. Belajar ilmu apapun tak ada salahnya, terlebih lagi ilmu tersebut bisa membuat manfaat bagi dirimu dan juga banyak orang.

Sebagian orang mungkin berpendapat ilmu sastra tidaklah terlalu penting, jauh lebih penting ilmu sains ataupun matematika. Jelas anggapan itu tidaklah tepat, belajar sastra bukanlah suatu kerugian karena ada manfaat besar yang bisa kamu dapatkan setelah mempelajarinya.

Manfaat Belajar Sastra yang Harus Kamu Ketahui

Sastra bisa dipelajari oleh siapa saja, tak harus seorang pelajar. Mahasiswa atau orang yang sudah bekerja sekalipun juga dapat mempelajarinya dan bisa mendapatkan banyak benefit. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Membaca

Dengan mempelajari sastra, ada dua skill yang bisa kamu tingkatkan yakni menulis dan juga membaca. Sebab, baca karya sastra dan dibaca sehingga secara tidak langsung kamu juga bisa menulis karya sastra seperti puisi dengan begitu mudah.

Dengan terbiasa menulis, maka kita akan bisa bahkan jago dalam menulis. Ibarat suatu pepatah "ala bisa karena terbiasa", sesuatu yang sukar, jika sudah biasa dikerjakan maka akan menjadi lebih mudah.

2. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Berkomunikasi tidak hanya dilakukan dengan cara berbicara saja, tetapi juga bisa dengan menulis. Bahkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra, para siswa juga diajarkan untuk dapat berbicara lebih kreatif dengan kosa kata yang lebih beraneka ragam.

3. Meningkatkan Imajinasi

Rutin membaca karya sastra mampu mengolah imajinasi pembaca. Dalam membuat karya sastra, sangat apik jika liar dan out of the box agar semakin dinikmati oleh pembacanya. Dengan mempelajari sastra, kamu dapat dengan mudah membuatnya dengan berbekal Imajinasi-imajinasi yang luar biasa.

4. Lebih Berempati

Dengan sering membaca berbagai karya sastra, membuat seseorang bisa ikut merasakan banyak permasalahan kemanusiaan. Kamu pun juga akan merasakan hal yang sama sehingga dapat meningkatkan rasa empati terhadap problem yang terjadi di hadapanmu.

5. Meningkatkan Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis juga bisa terasah jika kamu rutin membaca atau mempelajari karya sastra. Hal ini dikarenakan sastra itu punya alur cerita yang unik dan sulit untuk ditebak, sehingga dapat menguji kemampuan analisa bagi orang-orang yang membacanya.

Jadi, tak ada ruginya sama sekali untuk membaca ataupun mempelajari tentang dunia sastra. Justru, kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang sangat bermanfaat yang bisa langsung dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga bisa membaca berbagai review karya sastra seperti novel dan cerita menarik lainnya hanya di duniamelihatku.com. Unik, terlengkap, dan terpercaya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->