Skip to main content

9 Peluang Usaha di Bidang Jasa

9 Peluang Usaha di Bidang Jasa

Menjalankan sebuah usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja bagi mereka yang memiliki ide dan peluang. Salah satu jenis usaha yang cukup digemari adalah usaha dibidang jasa. Usaha bidang jasa sendiri merupakan jenis usaha yang menjual jasa seperti tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu yang menghasilkan pendapatan sesuai dengan jasa yang telah dilakukan.

Saat ini banyak sekali usaha bidang jasa yang dapat dengan mudah ditekuni, dimana menjalankan usaha dalam bidang jasa harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa usaha di bidang jasa ini memiliki potensi yang cukup baik dan menjanjikan mengingat permintaan atau kebutuhan konsumen yang meningkat terhadap jasa.

Selain itu, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mendorong pesatnya permintaan jasa sehingga dapat menjadi peluang bagi seseorang untuk membuka usaha di bidang jasa. Berikut adalah beberapa peluang usaha di bidang jasa yang dapat dijalankan dan menjanjikan keuntungan yang besar:

1. Jasa Menjahit

Pada saat ini pakaian memang selalu menjadi kebutuhan bagi konsumen dan membuat produksi pakaian sendiri terus meningkat walaupun sudah begitu banyak.

Hal ini pun membuat adanya potensi yang bagus dalam menjalan usaha di bidang jasa menjahit mengingat bahan dan model pakaian yang terus bervariasi setiap tahun bahkan bulan yang didukung dengan permintaan pasar yang terus tinggi. 

Sehingga memulai usaha jasa menjahit ini dapat dikatakan sebagai jenis jasa yang akan selalu dibutuhkan dan dapat menghadirkan keuntungan yang besar.

Akan tetapi perlu diingat bahwa dalam menjalankan usaha jasa menjahit ini perlu adanya strategi karena persaingan yang begitu ketat.

Untuk itu pelaku usaha jasa menjahit ini harus mampu berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik pada konsumen agar usahanya dapat berjalan lancar.

2. Jasa Fotocopy

Usaha jasa yang satu ini memiliki potensi yang cukup bagus walaupun membutuhkan modal yang cukup besar dibandingkan usaha di bidang jasa lainnya.

Dimana untuk lebih membawa keuntungan, membuka usaha fotocopy ini dapat dilakukan juga dengan membuka jasa cetak foto, pembuatan banner, foto kilat dan lain sebagainya mengingat usaha ini selalu diperlukan oleh banyak orang.

Akan tetapi seperti halnya dengan jasa menjahit, jasa fotocopy ini juga memiliki persaingan yang ketat.

Untuk mengatasinya pelaku usaha jasa fotocopy dapat membuka usaha di lokasi-lokasi yang strategis misalnya di dekat area kampus, sekolah dan lain sebagainya.

3. Jasa Potong Rambut

Membuka jasa potong rambut ini juga perlu adanya keahlian khusus dan harus mampu memberikan pelayanan yang baik. Usaha ini juga sama dengan jenis usaha lainnya yang memiliki persaingan yang ketat.

Untuk itu, pelaku usaha jasa potong rambut ini lebih baik jika mampu memberikan model rambut yang cocok untuk para konsumennya.

Dimana hal itu secara tidak langsung akan memberikan kesan positif seperti adanya rasa percaya dari konsumen, dan menyiratkan bahwa pelaku usaha jasa potong rambut sudah profesional.

4. Jasa Penyewaan Kendaraan

Melakukan salah satu usaha ini memang membutuhkan modal besar, tetapi juga mampu menghasilkan keuntungan dan potensi yang besar pula. Dimana dalam melakukan penyewaan kendaraan ini harus diperhatikan lebih terkait keamanannya mengingat usaha ini sangat berisiko terjadinya kerugian.

Risiko yang cukup besar ini tidak lantas menjadi salah satu penyebab jasa penyewaan kendaraan ini mati atau tidak berpotensi. Justru pada saat ini salah satu usaha ini memiliki perkembangan yang cukup tinggi mengingat kebutuhan konsumen pun menjadi bertambah seperti misalnya kebutuhan dalam berwisata. 

Tentunya dalam melakukan kegiatan wisata memerlukan kendaraan, sehingga hal ini menjadi sebuah peluang yang dapat dijalankan.

5. Jasa Servis

Jasa servis ini juga tidak kalah dengan jenis jasa lainnya, dimana jasa servis ini biasanya dijalankan dengan berbagai pelayanan misalkan jasa servis untuk komputer, kendaraan atau pun alat elektronik lainnya.

Hal itu juga didukung adanya perilaku konsumen yang terus membutuhkan jasa servis ini. Sehingga kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

6. Jasa Laundry

Jasa laundry / cuci baju umumnya menjamur di kota-kota besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang telah disibukkan dengan aktivitas bekerja di kantor. Dan tidak hanya itu, bahkan jasa cuci pakaian dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Peluang usaha ini tentu sangat bagus dan dapat dijalankan oleh siapa saja, mengingat pengerjaan cuci-mencuci pakaian ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Hanya saja ada yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan jasa cuci-mencuci pakaian ini yaitu, di antaranya:

  1. Kecermatan dan kehati-hatian dalam menangani agar pakaian tidak rusak selama proses mencuci (atau menyeterika)
  2. Tentunya, kebersihan
  3. Cucian tidak tertukar antar konsumen satu dengan konsumen yang lainnya
  4. Ketepatan waktu
  5. Memperhitungkan risiko akan adanya hujan / mendung (pada musim hujan) yang mengakibatkan pakaian konsumen jasa tidak cepat kering
  6. Dengan kualitas pelayanan yang baik, bisnis jasa laundry ini akan berkembang seiring waktu berjalan dan kepercayaan konsumen yang bertambah.

7. Jasa Masak (sekaligus Pengantarannya)

Anda telah mengetahui bahwa brand besar seperti KFC, Pizza Hut, dan McDonald’s menjajakan produknya tidak hanya di “warung” miliknya, namun juga mengantarkannya kepada konsumen.

Lalu apakah ini menjadi peluang usaha yang potensial? Tentu saja jawabnya iya! Khususnya di kota besar. Menyajikan menu masakan harian, di mana fast food bukanlah selalu menjadi solusi dan kegemaran masyarakat kita, menjadi sebuah peluang usaha tersendiri.

Selain harga fast food yang tidak selalu ramah di kantong rata-rata keluarga Indonesia, serta mengkonsumsinya pun belum menjadi kebiasaan harian masyarakat Indonesia, maka peluang usaha menyajikan masakan dengan menu sehari-hari yang friendly bagi lidah orang Indonesia seperti sop, sayur tumis kangkung, dan ikan goreng ini menjadi primadona tersendiri.

Lalu bagaimana menjalankannya? Apakah membutuhkan modal besar seperti membuat bangunan rumah makan dan restoran sebagaimana layaknya “rumah makan Padang”? Tentu tidak, seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai brand-brand besar yang siap men-deliver produk makanannya secara langsung ke rumah para konsumennya, maka hal ini pulalah yang perlu dilakukan oleh penyedia jasa masak.

Penyedia masakan dengan menu harian yang ramah dengan selera orang Indonesia sekaligus ramah harga, serta pengantaran langsung ke rumah pembeli inilah yang mulai banyak dijumpai khususnya di kota-kota besar. Jasa ini menjadi sebuah solusi bagi rumah tangga yang pasangan suami istrinya sibuk bekerja atau sang suami bekerja sedangkan sang istri telah berbisnis online di rumah.

8. Jasa Pembuatan Web dan Manajemen Media Sosial

Kali ini kita akan mengulas dua bidang usaha yang memang saling berkaitan. Keduanya bisa dikatakan tidak terpisahkan satu sama lain dan saling mendukung. Sejak sebelum tahun 2009 pun, situs web sudah marak digunakan, baik oleh instansi / lembaga, komunitas, hingga pribadi.

Jasa website terus menjamur bahkan hingga tahun ini, bahkan hingga waktu-waktu ke depan akan terus demikian dikarenakan perkembangan teknologi yang berimbas kepada perlunya seseorang untuk mengadopsi situs web, begitu juga media sosial.

a. Jasa Pembuatan Website

Umumnya, situs web yang dimaksud dimanfaatkan untuk berjualan (online shop), kendati sudah ada beberapa marketplace raksasa di Indonesia, namun kebutuhan penjual (seller) akan sebuah situs tidak bisa terelakkan. Setiap perusahaan, meski itu perusahaan berskala kecil, hampir selalu memiliki situs web.

Situs web digunakan sebagai media promosi yang efektif, di mana masyarakat dapat menemukan info produk para penjual di situs web tersebut, baik melalui perantara media sosial, iklan (terutama social media ads), hingga mesin pencari (search engine), seperti Google.

Sekali lagi, situs web banyak dibutuhkan oleh masyarakat zaman ini, jadi tidak hanya para penjual online saja ya. Hal ini menunjukkan peluang yang besar dan istimewanya lagi tidak akan pernah surut.

b. Jasa Social Media Management

Setelah jasa pembuatan website, lalu bagaimana jasa social media content management? Anda pasti sudah mengerti bahwa masih banyak yang tidak memiliki situs web, namun ia tetap memiliki media sosial bukan? Tidak terkecuali pada entitas usaha / bisnis.

Artinya apa? Bahwa media sosial ini memiliki pangsa pasar yang lebih luas daripada situs web, tidak lain karena pengelolaannya yang lebih mudah, dibutuhkan keterampilan pengoperasian yang lebih sederhana daripada membuat situs web, kemudian biayanya pun lebih ringan daripada membuat situs web.

Namun permasalahan timbul dikarenakan jika misalnya suatu entitas bisnis ingin mengelola media sosialnya, bermaksud melakukan promosi kepada target audience-nya, atau mengenalkan produk-produk atau branding kepada masyarakat Internet (warganet / netizen).

Kemudian ia (entitas bisnis) tersebut tidak atau lebih pasnya belum memiliki tenaga (karyawan) khusus untuk itu, tidak memiliki kesiapan untuk melakukan pengelolaan media sosial, dikarenakan mengelola media sosial tentu dibutuhkan strategi, copywriting yang baik, hingga media yang relevan berupa gambar hingga video. Padahal bisa jadi kompetitor usahanya sudah memperoleh hasil signifikan dari pemanfaatan media sosial.

Nah di sinilah letak peluang itu, yaitu jasa social media management, yaitu suatu jasa pengelolaan (manajemen) media sosial secara komprehensif dan terarah.

Semua pos (post) media sosial yang dihadirkan sudah terkonsep dengan baik, bahkan sangat tidak menutup kemungkinan melakukan boost (dorongan) agar konten media sosial tersebut menjadi jauh lebih populer melalui penggunaan iklan (advertising).

9. Jasa Desain Grafis

Sekali lagi, adopsi terhadap teknologi informasi seperti penggunaan situs web hingga media sosial, melahirkan peluang yang juga tidak bisa terelakkan kehadirannya, yaitu jasa desain grafis.

Bagaimana tidak, seluruh komponen promosi tersebut tentu membutuhkan gambar / grafis yang akan menemani konten-konten pada situs web hingga media-media sosial.

Jadi desain grafis, kini tidak sebatas mendesain spanduk, selebaran (flyer), booklet, atau buku. Tapi kini desain grafis sangat banyak dibutuhkan untuk situs web, media sosial, hingga aplikasi mobile sekali pun.

Dikarenakan objek visual berupa gambar sangatlah dibutuhkan, bahkan tidak hanya gambar, kini terbuka peluang usaha desain grafis yang lebih spesifik, jasa motion graphics designer yaitu jasa mendesain visualisasi berupa video, baik itu animasi, explainer video, video promosi produk dan film pendek, hingga presentasi.

Dari peluang di usaha di bidang jasa di atas merupakan contoh usaha yang cukup menjanjikan atau berpotensi tinggi untuk dijalankan dalam beberapa tahun atau bahkan beberapa puluh tahun yang akan datang.

Selain itu, agar usaha jasa ini dapat bertahan maka perlu adanya strategi promosi agar dalam menjalankan usaha dapat dilakukan secara lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->