Skip to main content

Etika Batuk Ketika di Muka Umum Yang Benar

Batuk adalah Respon tubuh dari partikel-partikel yang masuk kedalam tubuh melalui jalur pernapasan, dan merupakan pertahanan tubuh dari pratikel dan zat yang berbahaya. Pada saat batuk ribuan bakteri atau virus yang dikeluarkan melalui seseorang yang batuk.


Batuk mengeluarkan percikan cairan yang mengandung bakteri dan virus dan bisa bertahan di udara sampai beberapa saat. Batuk dapat menularkan penyakit dari satu orang ke orang lainnya. Pencegahan bakteri dan virus yang melalui udara dapat di cegah dengan menerapakan "Etika Batuk" di muka umum.


Etika Batuk Ketika di Muka Umum Yang Benar


Etika Batuk adalah tata krama bagaimana sikap seseorang ketika batuk di muka umum. Manfaat etika batuk adalah mencegah penularan bakteri dan virus ke orang lain, sehingga orang sehat tidak tertular bakteri dan virus orang yang batuk.


Pada saat batuk virus dan bakteri akan bertahan lama di udara dan dapat berpindah ke orang lain, apalagi di muka umum banyak kerumunan orang yang menghirup udara setelah di batukan yang berisi bakteri dan virus akibatnya orang yang ada di muka umum dapat menderita penyakit yang sama dengan batuk. Untuk mencegah terjadinya penularan orang yang batuk harus menerapkan etika batuk.


Etika Batuk Ketika di Muka Umum Yang Benar

1. Pada Saat Batuk Wajib Menggunakan Masker


Ketika batuk wajib menggunakan masker, masker dapat mencegah penularan bakteri dan virus di udara.


2. Pada Saat Batuk Menutup Dengan Kedua Tangan


Jika tidak ada masker maka menggunakan kedua lengan tangan, dengan lengan tangan jarang di sentuh orang lain den merupakan daerah terdalam bagi orang yang batuk, dan tangan tersebut tidak bisa bersentuhan dengan orang lain agar penyebaran tidak melalui telapak tangan.


3. Cuci Tangan Menggunakan Sabun atau Handsanitaiser Pada Saat Batuk dan Menutupnya Dengan Tangan


Ketika tidak bisa menggunakan lengan tangan maka menggunakan telapak tangan akan tetapi setelah itu WAJIB cuci tangan dengan sabun atau handsanitaiser sebelum meyentuh orang lain atau benda-benda lain, kerena telapak tangan berisi percikan pada saat kita batuk.


4. Buang Tisu ke Tempat Sampah Setelah Digunakan Untuk Batuk


Tisu bisa digunakan sebagai penahan untuk mencegah percikan terbang keudara, setelah itu tisu yang digunakan harus di buang ketempat sampah, jangan di buang sembarangan, jika di buang sembarangan bisa menularkan bakteri atau virus melalui tisu tersebut.


Etika batuk sangat efektif dan membantu pencegahan dan penularan virus ke orang lain, agar orang lain tidak tertular. Ayo budayakan etika batuk pada saat batuk dan ikut andil dalam pencegahan penularan penyakit melalui udara.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->