Skip to main content

6 Sikap Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

6 Sikap Yang Harus Dimiliki Seorang WirausahaSeorang wirausaha harus memiliki berbagai sikap yang dapat menjadikannya seorang wirausaha yang baik dan membuka jalan menuju kesuksesan. Adapun enam sikap yang harus dimiliki seorang wirausaha diantaranya sebagai berikut. 
6 Sikap Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

1. Disiplin

Seorang wirausaha dalam melaksanakan berbagai kegiatannya atau pekerjaannya harus mempunyai sikap disiplin yang tinggi. Dalam hal ini disiplin dapat diartikan suatu ketetapan komiten wirausaha pada berbagai tugas dan pekerjaan yang dilakukan berdasarkan ketepatan waktu, kualitas pekerjaan dan sistem kerja. 

Ketepatan waktu dapat dilatih oleh seorang wirausaha dengan brusaha untuk mengerjakan berbagai pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

2. Komitmen Tinggi

Komitmen merupakan suatu kesepakatan tentang suatu hal yang dibuat oleh manusia baik terhadap dirinya sendiri ataupun orang lain. Adapun dalam melaksanakan berbagai kegiatan bagi seorang wirausaha harus mempunyai komitmen yang jelas, progresif dan terarah atau berorientasi pada kemajuan usaha.

Komitmen pada diri sendiri dapat dibuat dengan melakukan identifikasi pada cita cita, target, dan harapan yang sufah direncanakan dalam hidupnya.

3. Jujur

Jujur adalah suatu landasan moral yang kadang terlupakan oleh seorang wirausaha. Kejujuran dalam prilaku mempunyai sifat kompleks, kejujuran pada produk yang ditawarkan, Kejujuran tentang promosi yang dilakukan, dan kejujuran lainnya yang berkaitan dengan produk yang ditwarka.

4. Kreatif & Inovatif

seorang wirausaha harus memiliki daya kreativitas yang tinggi agar mampu memenangkan persaingan, kreativitas tersebut dilandasi dengan carfa berfikir maju dan penuh dengan gagasan baru yang berbeda terhadap nerbagai produk yang sudah ada dipasar.

5. Mandiri

Orang dapat dikatakan mandiri apabila orang tersebut mampu melakukan keinginannya dengan baik tanpa adanya ketergantungan terhadap orang lain dalam bertindak atau mengambil keputusan. 

Selain itu orang tersebut juga mampu menghidupi kebutuhan nya sendiri dan keluarganya. Kemandirian adalah suatu sikap mutlak yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

6. Realistis

Seorang dikatakan realistis jika orang tersebut mampu menggunakan realitas atau fakta sebagai suatu landasan berfikir rasional dalam setiap pengambilan tindakan atau keputusan.

Banyak calon wirausaha yang mempunyai potensi yang tinggi untuk sukses namun akhirnya gagal hanya karena orang tersebut tidak mampu berfikir rrealistis, rasional dan objektif ketika mengambil keputusan dalam usahanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->