Skip to main content

Pengertian Komputer Multimedia Lengkap

Pengertian Komputer Multimedia Lengkap

Pengertian Komputer Multimedia Lengkap - Komputer Multimedia adalah sebuah  komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM.

Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu. 

Komputer Multimedia juga komputer yang mampu menyajikan data dalam bentuk tulisan, gambar, suara, serta animasi gambar. Untuk keperluan tersebut, komputer Multimedia harus memenuhi persyaratan tertentu.

Seperti diketahui, komputer sebelum ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas, utamanya karena memiliki memory yang sangat minim sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan penyimpanan data dalam bentuk suara ataupun gambar. Sebagai contoh, untuk sebuah lagu dengan penyajian sekitar 5 menit, dibutuhkan ruang memory sebesar 50 MB (megabyte).


Pengertian Komputer Multimedia Lengkap

Komputer Multimedia juga harus memiliki peralatan audio (suara) yang mencakup alat untuk memproses suara itu sendiri, serta alat untuk mengeluarkan hasil proses suara yang berupa speaker. Alat proses suara bisa berbentuk interface-card.

Untuk menyajikan data dalam bentuk animasi gambar atau dalam bentuk tampilan film, diperlukan card tambahan yang khusus dapat menampilkan data gambar ataupun film, misalnya MPEG Card yang dapat digunakan untuk menyajikan tampilan film yang tersimpan di dalam bentuk terkompresi dengan format MPEG (Moving Pictures Experts Groups).

Processor yang digunakan untuk komputer Multimedia juga harus mempunyai kemampuan yang memadai. Ini disebabkan karena data yang berujut gambar dan suara relatif berukuran besar dan memerlukan proses yang spesifik. Processor jenis terbaru, kini dilengkapi dengan USB (Universal Serial Port) yang berfungsi untuk menampilkan data suara dan gambar secara maksimal.

Internal memory (RAM) yang digunakan untuk komputer Multimedia dibutuhkan adanya suatu standart minimal, yaitu sekitar 2 GB. Tentunya semakin besar kapasitas internal memory yang dimiliki akan menghasilkan yang lebih maksimal.

Peralatan video mencakup alat proses gambar (video) dan penyajiannya. Alat proses data gambar dapat berupa interface card seperti VGA Card, MPEG Card dan lainnya. Alat penyajian gambar dapat berwujud monitor dengan resolusi tertentu

Data suara dan gambar memerlukan tempat penyimpanan yang besar. Untuk menyajikannya dibutuhkan external memory yang cukup memadai. Pada saat ini standart yang digunakan sebagai ruang penyimpan data suara dan gambar adalah DVD-ROM Standart dengan kapasitas 4 GB, dimana dapat menyajikan gambar dan suara hingga beberapa jam.

Komputer multi-media juga memerlukan hard-disk yang cukup besar. Hard-disk yang tersedia dipasaran pada saat ini memiliki ukuran sebesar 1 TB (Tera-Byte)

Dengan adanya tambahan peralatan tersebut, komputer yang ada bisa secara langsung dihubungkan dengan audiostation yang kita miliki. Data yang dimiliki oleh komputer berupa gelombang suara, dan gelombang suara tersebut kemudian direkam didalam tempat penyimanan data (memory). Berdasar data yang berupa gelombang suara inilah komputer kemudian bisa bekerja sesuai dengan konsep pengolahan data.

Komputer juga memiliki kemampuan untuk merubah data-data yang berupa gelombang suara tersebut sesuai dengan yang dikehendaki oleh para pemakai. Perubahan gelombang ini kemudian disimpan didalam memory komputer.

Dengan adanya kemampuan tambahan tersebut, komputer kini bisa dihubungkan dengan pelbagai alat elektronik lain, seperti misalnya handy-camera. Gambar-gambar yang diambil ataupun direkam melalui handy-camera ini, bisa dipindah kedalam CD/DVD dan dari CD/DV inilah komputer bisa bekerja.

Gambar-gambar yang bergerak dan dihasilkan oleh handy-camera ini, oleh komputer kemudian bisa di-edit sesuai dengan keinginan. Memotong suatu adegan gambar dan kemudian menggabungkan dalam satu adegan baru semua bisa dilakukan dengan komputer Multimedia.

Salah satu hasil Multimedia yang bisa kita lihat adalah video-clips dari penyanyi kondang Michael Jackson dalam albumnya Dangerous. Dalam album tersebut bisa nampak bahwa sosok Michael Jackson yang kemudian bisa berubah menjadi se-ekor harimau liar dan kemudian berubah lagi menjadi asap dan pada akhirnya menghilang tanpa bekas.

Gambar ataupun foto yang diambil melalui kamera digital ataupun kamera biasa, juga bisa dipindahkan kedalam komputer. Oleh komputer, gambar ini kemudian juga bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.

Kamera untuk memantau gerakan seseorang ataupun obyek lainnya juga dapat dihubungkan dengan komputer multi-media. Sehingga dengan adanya kamera elektronik ini, hasil pemantauan yang didapatkan pada akhirnya juga akan terekam didalam komputer.

Dengan menggunakan computer scanner, maka gambar ataupun foto yang terdapat dipelbagai majalah ataupun koran, juga dapat dipindahkan kedalam komputer dan akhirnya juga bisa diedit ataupun digabung dengan gambar yang lainnya.


Standar Komputer Multimedia

Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association:

Pada tahun 1990

  • 16 MHz 386SX CPU 
  • 2MB RAM 
  • 30MB hard disk 
  • 256-color, 640 x 480 VGA video card 
  • 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1
  • second seek time 
  • Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound 
  • Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

Pada tahun 1993

  • 25 MHz 486SX CPU 
  • 4 MB RAM 
  • 160 MB hard disk 
  • 16-bit color, 640×480 VGA video card 
  • 2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time 
  • Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound 
  • Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1

Pada tahun 1996

  • 75 MHz Pentium CPU 
  • 8 MB RAM 
  • 540 MB hard disk 
  • Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15-bit color
  • MPEG-1 hardware or software video playback
  • 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <250ms seek time
  • Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound 
  • Windows 3.11

Sementara Pada tahun 2014

  • Intel Core i7
  • 8 GB DDR 3 
  • 1 TB hard disk SATA 
  • Digital Alliance Geforce GT 640  2GB DDR3MPEG-1 hardware or software video playback 
  • DVD-RW
  • Sound card outputting 48 kHz, 16-bit sound 
  • Windows 10


Komponen Multimedia

  1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
  2. Links, yang menghubungkan dengan informasi
  3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
  4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai
Bila salahsatu komponen tidak ada maka disebut dengan mixed media bukanmultimedia


Mengapa multimedia penting ?

Multimedia menjadi penting karena merupakan pemicu (triggers) sehingga pembaca memperoleh sesuatu yang ‘lebih’ dibandingkan topik yang dipelajari. Dan juga sangat efektif dalam penyampaian informasi

Menurut Computer Technology Research (CTR) :

  • Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
  • Orang mampu mengingat 30% yang didengar
  • Orang mengingat 50% dari apa yang didengar, dilihat dan  dilakukan


Penggunaan Multimedia

Multimedia dapat digunakan dalam:
  1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
  2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara
  3. interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
  4. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif


Kemampuan Multimedia

  1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. ontoh software yang mendukung  teleworking/telecommuting: Netmeeting!
  2. Mengubah cara belanja.  Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan       menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
  3. Mengubah cara bisnis.  Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak        perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
  4. Mengubah cara memperoleh informasi.  Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.  Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
  5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
  6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->