Skip to main content

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya


Pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian sistem operasi komputer dan juga fungsi-fungsi sitem operasi pada komputer.

Mungkin diantara teman-teman sudah ada yang tau beberapa sistem operasi tapi masih bingung sebenarnya apa sih sistem operasi itu?

Pengertian Sistem Operasi Komputer


Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem.

Termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari.

Sistem operasi lebih dikenal dengan sebutan operating system atau biasa disingkat dengan OS.

Sistem operasi pada komputer memiliki beberapa fungsi, berikut adalah fungsi dari sistem operasi pada komputer.

Baca Juga: Macam-Macam Karakteristik Perangkat Lunak


Sistem Komputer



Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer



  1. Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
  2. Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  3. Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  4. Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
  5. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
  6. Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
  7. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->