Skip to main content

Macam-Macam Jenis Partisi Harddisk Pada Komputer

Macam-Macam Jenis Partisi Harddisk Pada Komputer

Pada artikel ini saya akan menjelaskan macam-macam jenis partisi harddisk pada komputer, setelah sebelumnya saya sudah menjelaskan pengertian dan fungsi dari partisi.

Dalam komputer, kita akan mengenal yang namanya Harddisk, yaitu suatu device atau komponen pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) dan juga termasuk dalam salah satu memory eksternal dari sebuah computer.

Harddisk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.

Harddisk sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kapasitas penyimpanan yang biasa disebut dengan partisi.


Apa itu partisi harddisk?

Partisi berasal dari kata partition yang artinya bagian. Dalam beberapa penggunaan, misalnya untuk memisahkan antara sistem operasi dengan media penyimpanan data, biasanya kita membagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian, inilah yang disebut partisi harddisk.

Macam-Macam Jenis Partisi Harddisk Pada Komputer


Partisi Primary

Merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data. Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang pertama diakses komputer untuk booting.

Jadi, intinya partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk booting sistem operasi tersebut. Bisa dibilang data dari sistem operasi tersebut disimpan disini.

Partisi Extended

Partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung.

Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.

Partisi Logical

Merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data.
Nah, ini contohnya drive  dan seterusnya pada Windows. Jadi, partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->